Leave a comment

Angka Unik – 4937775 (Smith Number)


Bismillah…

smith number

Kita kembali lagi ke pembahasan yang menarik yaitu mengenai angka unik. Ane lumayan bersemangat untuk membahas hal ini karena atensi dari teman – teman semua cukup besar. Topik yang akan kita bahas dalam kesempatan ini adalah angka 4937775 atau yang lebih dikenal dengan Smith Number.

Sejarah ditemukannya Smith Number ini cukup unik. Bagaimana tidak, angka ini ditemukan di tempat yang tidak biasa yaitu di Buku Direktori Telpon (semacam Yellow Pages) !! Ceritanya, dimulai ketika seorang bernama Albert Wilansky mencoba mencari no. telpon saudara iparnya (brother in law) yang bernama Harold Smith. Ketika itu, dia menemukan no. telpon saudaranya tsb yaitu 493-7775. Ternyata, seorang Albert Wilansky iseng – iseng bermain – main dengan angka tersebut dan menemukan sejumlah properti yang jokoWOW !

So, apaan tuh Smith Number ? Smith Number adalah angka yang penjumlahan integer (tiap digit) di dalam angka tersebut sama dengan faktor bilangan primanya. Jadi, bilangan 493-7775 adalah salah satu dari sekian banyak Smith Number yang ada. Supaya teman – teman lebih paham, ane mulai dari Smith Number yang kecil dulu yaitu 27,

27 = 3 x 3 x 3 (faktor bilangan prima dari 27)

2 + 7 = 3 + 3 + 3 = 9 (penjumlahan tiap integer/digit pada angka 27 sama dengan penjumlahan faktor bilangan primanya)

Gimana teman – teman ? Udah pada ngerti ? Supaya makin jelas lagi, ane kasih contoh angka yang disebut – sebut sebagai angka setan (Beast Number) yaitu angka 666. Ternyata angka 666 termasuk dalam Smith Number (insyaAllah, dalam waktu dekat ane pengen membahas tentang angka unik 666). Gak percaya ?

666 = 2 x 3 x 3 x 37

6 + 6 + 6 = 2 + 3 + 3 + (3 + 7) = 18

Jadi, perlu teman – teman perhatikan, untuk faktor yang terakhir, apabila lebih dari 1 digit seperti angka 37 diatas, maka digitnya dipecah kemudian dijumlahkan seperti perhitungan diatas.

Sekarang saatnya kita menyibak the original Smith Number yaitu angka 4937775.

4937775 = 3 x 5 x 5 x 65837

4 + 9 + 3 + 7 + 7 + 7 + 5 = 3 + 5 + 5 + (6 + 5 + 8 + 3 + 7) = 42

Berikut Smith Number yang nilainya berada dibawah angka 10000 :

Smith Number below 10000

Terakhir, tahukah teman – teman berapakah Smith Number terbesar yang dapat dicapai oleh ilmu pengetahuan manusia sekarang ? Penasaran ? Berikut angkanya,

Largest Known Smith Number

Subhanallah….!!
Cetar membahana, menggelegar, fantastis dan bombastis !!

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

numberphile.com

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: