4 Comments

Tipe – Tipe Tabung CNG yang Beredar di Pasaran


bismillah…..

Alhamdulillah, di sela – sela kesibukan akademik (Tugas Akhir, Perwalian, proyek, dll) ane masih disempatkan oleh-Nya untuk kembali menyajikan pengetahuan (insyaAllah bermanfaat) kehadiran teman – teman semua. Masih ingat artikel ane yang lalu tentang diversifikasi (part 1 & part 2) ? Tulisan kali ini ane pengen memperluas pembahasan pada jenis – jenis alias tipe – tipe tabung yang digunakan sebagai penyimpan CNG. Sampai saat ini, teknologi yang berkembang pada tabung penyimpanan CNG telah menghasilkan 4 tipe tabung. Apasajakah itu ?

tabungcng1

1. Tabung Tipe 1 (All metal cylinder)

Tabung tipe 1 ini full, semuanya terbuat dari logam dan merupakan tabung tipe pertama yang dikembangkan untuk bahan bakar CNG. So, bisa dibilang tabung tipe 1 ini adalah “kakak pertama”. Desain awal tabung ini pada tahun 1920-an masih menggunakan carbon steel. Namun, seiring perjalanan waktu, para engineer semakin mengembangkan teknologi material untuk tabung tipe 1 ini hingga menuju logam paduan (alloy).

tabungcng2

tabungcng3

Salah satu standar yang digunakan dalam proses desain tabung tipe 1 adalah ISO 11439. Berikut salah satu spesifikasi teknis tabung yang dihasilkan salah satu pabrikan asal China,

tabungcng4

tabungcng5

2. Tabung Tipe 2 (Metal liner with hoop wrapped composite)

Pada tabung tipe 2, liner tabung tetap terbuat dari logam namun liner tersebut dibungkus sebagian (yaitu hanya pada bagian silinder sirkularnya sedangkan bagian dome/kubah tidak dibungkus) oleh material komposit semacam carbon fiber dan glass fiber dan dikeraskan dengan epoxy atau polyester resin.

tabungcng6

tabungcng7

3. Tabung Tipe 3 (Metal liner with fully wrapped composite)

Tabung tipe 3 sebenarnya hampir sama dengan tabung tipe 2. Bedanya pada tabung tipe 3 full, semua permukaan liner terbungkus oleh komposit (carbon fiber dan fiber glass) yang dikeraskan dengan resin. Secara umum, tabung tipe 3 memiliki berat 70 % lebih ringan daripada tabung tipe 1 dan 50 % lebih ringan daripada tabung tipe 2. Selain itu, karena penggunaan material aluminium (misalnya A6061) alloy cukup luas sebagai bahan liner-nya, maka tabung tipe 3 ini memiliki sifat anti-korosi yang baik dan umur fatigue yang tinggi.

tabungcng8

tabungcng9

4. Tabung Tipe 4 (Plastic liner with fully wrapped composite)

Pada tabung tipe 4, linernya terbuat dari plastik/polymer dan luarnya dibungkus dengan komposit (carbon fiber dan fiber glass) yang dikeraskan dengan resin. Plastiknya tentu bukan sembarang plastik. Biasanya digunakan plastik tipe HDPE dan sejenisnya yang sangat kuat terhadap tekanan yang tinggi dan tidak mudah bereaksi dengan CNG yang tersimpan. Kelebihan tabung tipe 4 adalah bobotnya yang sangat ringan namun harganya masih relatif mahal (sekitar 2 – 3 kali lipat harga tabung tipe 1).

tabungcng10

tabungcng11

Kesimpulannya, semakin tinggi tipe tabung, tentunya semakin tinggi konten teknologi yang dikandungnya dan semakin baik propertinya terutama bobot dan kekuatan (tekan, impact, hidrostatik, dll). Namun konsekuensinya, harganya juga semakin tinggi. Sekedar gambaran buat teman – teman sekalian, coba perhatikan gambar berikut :

tabungcng12

Semoga bermanfaat !

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

Slide Bimbingan Teknis Program Diversifikasi BBM ke BBG Provinsi Jawa Timur

4 comments on “Tipe – Tipe Tabung CNG yang Beredar di Pasaran

  1. Thanks bos atas infonya….
    Bisa nih sharing” mengenai cylinders lebih jauh..

  2. Klo tempat ban serep buat tempat tabung BBG bentuk donat tetus ban serepnya ditepatkan dinana bos ?

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: