2 Comments

Kegunaan Bendera dalam Dunia Balap


bismillah….

Bendera di dalam dunia balap dari dulu hingga sekarang telah menjadi suatu alat komunikasi yang vital keberadaannya bagi para marshall untuk memberitahukan para driver suatu pesan tertentu. Salah satunya adalah yang mungkin teman – teman pasti sering lihat adalah bendera bermotif “papan catur” yang biasanya dilambaikan ketika race berakhir. Namun, ternyata bendera yang digunakan bukan hanya motif “papan catur” itu saja, melainkan ada sejumlah warna dengan variasi tertentu untuk kegunaan tertentu pula. Apa sajakah itu ? Yuk, kita simak pembahasannya berikut :

1. Chequered Flag (Bendera Bermotif Papan Catur)

Pasti teman – teman udah pada tahu fungsi bendera yang satu ini kan ? Ya, fungsinya untuk memberitahukan bahwa balapan atau race telah berakhir. Si marshall biasanya melambai – lambaikan bendera ini tepat di garis start awal.

2. Yellow Flag (Bendera Kuning)

Bendera ini menandakan terjadinya suatu bahaya, misalnya terjadi kecelakaan di depan. Satu kali lambaian bendera ini dari marshall berarti memperingatkan driver untuk menurunkan kecepatannya. Sedangkan dua kali lambaian pada pos yang sama menandakan bahwa para driver harus memperlambat kendaraannya serta bersiap – siap untuk stop jika perlu. Overtaking alias salip – menyalip dilarang keras.

3. Green Flag (Bendera Hijau)

Jika marshall telah melambaikan bendera ini, itu berarti seluruh bahaya atau potensi bahaya telah berhasil diamankan dan larangan – larangan yang ditetapkan dengan bendera kuning dicabut. Itu berarti para driver boleh kembali berpacu dan melakukan overtaking.

4. Red Flag (Bendera Merah)

Sama seperti pada traffic light. Apabila bendera ini dilambaikan saat race berlangsung, itu menandakan terjadi kecelakaan parah atau kondisi track sangat berbahaya, misalnya hujan yang sangat deras sehingga balapan distop sampai bahaya hilang.

5. Blue Flag (Bendera Biru)

Bendera ini dilambaikan untuk memperingatkan seorang driver bahwa dia akan disalip kompetitornya sehingga si driver harus membiarkan dirinya disalip. Apabila sampai dengan tiga kali bendera ini dilambaikan pada driver yang sama namun ia tidak mau mematuhi ketentuan tersebut, maka si driver terancam akan diberi penalti.

6. Yellow and Red Stripped Flag (Bendera Bemotif Garis Kuning dan Merah)

Bendera ini digunakan oleh para marshall untuk memperingatkan para driver untuk berhati – hati karena kondisi track yang agak licin, biasanya karena tumpahan oli atau genangan air yang sangat banyak.

7. Black with Orange Circle Flag (Bendera Hitam dengan Lingkaran Berwarna Oranye)

Bendera ini biasanya dilengkapi pula dengan no. mobil dan menandakan pada driver yang bersangkutan untuk kembali ke pit karena terdapat problem mekanikal.

8. Half Black, Half White Flag (Bendera dengan Motif Setengah Hitam, Setengah Putih)

Bendera ini juga biasanya juga dilengkapi dengan no. mobil dan menandakan bahwa driver yang bersangkutan melakukan kecurangan alias menunjukkan perilaku tidak sportif dan harus segera menghentikan tindakan kecurangannya. Jika tidak diindahkan oleh driver yang bersangkutan, maka yang bersangkutan akan “diberi” black flag untuk keluar dari sirkuit (masuk ke pit).

9. Black Flag (Bendera Hitam)

Bendera ini juga dilengkapi dengan no. mobil dan menandakan mimpi buruk bagi pembalap yang no. mobilnya tertera pada black flag karena ia diperintahkan untuk kembali ke pit alias keluar dari balapan.

10. White Flag (Bendera Putih)

Bendera jenis ini dilambaikan apabila terdapat kendaraan yang bergerak lambat di dalam sirkuit.

Dalam balapan yang membutuhkan konsentrasi tinggi semacam F1, terkadang sulit bagi para driver untuk melihat tanda lambaian bendera dari para marshall karena kecepatan yang tinggi dan posisi cockpit yang rendah. Oleh karena itu, biasanya di steering wheel terdapat GPS marshalling system yang menampilkan lampu tanda berwarna sesuai dengan bendera yang dilambaikan marshall pada area tertentu sehingga mudah dibaca driver tanpa harus mengurangi konsentrasinya.

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

F1 Official Website

2 comments on “Kegunaan Bendera dalam Dunia Balap

  1. baru tau. maksih gan infonya. ngeri bendera yg warna hitam,,
    http://berandadunia.blogdetik.com

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: