Leave a comment

The Men Behind F1’s Pitstops (Orang – Orang Dibalik Pitstop F1)


bismillah….

foto bersama

Kebersamaan crew pitstop

Teman – teman pasti pernah kan nonton F1 ? Pernah menyaksikan bagaimana mobil F1 masuk ke pitstop untuk isi ulang bahan bakar dan ganti roda ? Pitstop merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam kesuksesan atau kemenangan suatu tim. Kerjasama tim menjadi hal yang sangat penting bagi crew pitstop supaya mereka bisa meminimalkan overall pitstop time selain skill individual tentunya. Satu kesalahan kecil saja dapat mengakibatkan overall time bertambah bahkan memicu insiden yang fatal.

Accident1

Gara2 si lollipop man keburu ngangkat “lollipop”-nya, si driver langsung tancep gas. Padahal refueller masih belum selesai (Nozzle bahan bakar masih nancep di tangki)

Accident2

Akhirnya, ada crew yang kesandung tuh selang “piton” sampe terjungkal

Tahukah teman – teman apakah peran – peran masing – masing crew pitstop ketika mereka sedang bekerja ? Simak penjelasan berikut :

1 lollipop man. Namanya terdengar sedikit aneh, namun tugasnya layaknya pemimpin ketika mobil F1 sedang berada pada pitstop. Si lollipop man memegang sebuah tanda yang memiliki 2 sisi yang kalau dilihat sekilas memang mirip dengan permen lolipop. Di satu sisi tertulis kata “BRAKE ON” dan disisi lainnya tertulis MOVE ON “GEAR IN”. Jadi, secara ringkas tugas lollipop man adalah :

– Mengarahkan mobil untuk masuk ke pitstop.

– Menginstruksikan driver untuk berhenti tepat di area pitstop timnya dengan perseneling netral dan posisi driver tetap terus menginjak rem.

– Menginstruksikan driver untuk standby di perseneling 1 (gigi 1) untuk persiapan “lepas landas”.

– Mengangkat tanda lollipop ke atas sebagai aba – aba bagi driver untuk segera meninggalkan area pitstop.

lollipop man1

Si lollipop man lagi berpose. Smile !! (gimana mau tau kalo dia lg smile ?)

lollipop man2

Lollipop man (in action) simulasi pitstop bareng teman – teman crew lainnya

2 refuellers + 2 back up. Dari namanya aja pasti teman – teman udah pada tahu. Ya, si tukang isi bahan bakar. 1 orang refueller di depan tugasnya mencari lubang masuk tangki, menekan nozzle saluran selang bahan bakar masuk ke lubang tangki dan membuka katub agar bahan bakar mengalir. Setelah tangki full, ia harus segera menutup katub dan menarik secepat mungkin nozzle bahan bakar serta selangnya menjauh dari mobil. Tugas 1 orang lainnya adalah mengangkat alias memapah selang bahan bakar yang gedenya kayak ular piton yang sangat berat dan mengikuti langkah refueller di depannya. Pekerjaan ini cukup berat karena kalo salah sedikit aja bisa – bisa bahan bakarnya tumpeh – tumpeh dan dapat mengakibatkan kebakaran hebat. Btw, fuel flowrate yang dimasukkan ke tangki bisa sampai 12 liter/sekon !

Fuel flowrate yang dimasukkan ke tangki bisa sampai 12 liter/sekon !

refueller man

Para refueller sedang bekerja memasukkan bahan bakar ke tangki

fuel tumpeh2

Kesalahan refueller yang melepas nozzle sebelum menutup katup nozzle. Akhirnya bahan bakarnya tumpeh – tumpeh

refueller accident

Nih, akibat bahan bakarnya tumpeh – tumpeh. On fire !!

1 fire man + 1 dead man. Kedua orang ini bertugas layaknya pemadam kebakaran jika selama pitstop terjadi percikan bunga api atau kebakaran.

fireman

Fireman lagi berpose

–  3 jackman. Jackman ditempatkan pada 3 posisi yaitu 1 di depan (front jackman), 1 di samping (side jackman) dan 1 lagi di belakang (rear jackman). Front jackman bertugas mengangkat bagian depan mobil F1 dengan menempatkan jack khusus di bagian bawah front wing. Side jackman bertugas menstabilkan mobil agar tidak ada gerakan roll dengan menempatkan jack khusus pada undertray. Rear jackman bertugas mengangkat bagian belakang mobil juga dengan menempatkan jack khusus bagian bawah rear wing. Perlu teman – teman ketahui, dari ketiga posisi jackman yang telah ane sebutin, ternyata yang memiliki resiko paling besar adalah front jackman. Coba kalo driver-nya kebablasan ?? (mikir)

front jackman

Front jackman bersiap menyambut kedatangan mobil ke pitstop

front jackman2

Front jackman menempatkan jack khusus dibawah front wing

4 gun man. Di setiap posisi di samping roda ditempatkan masing – masing 1 gunman. Tugasnya adalah membuka dan memasang kembali satu –satunya bolt yang “mengikat” roda F1 dengan poros untuk proses pelepasan roda lama dan pemasangan roda baru.

gunman

Ketangkasan, kecepatan dan ketelitian adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang gunman.

gunman (accident)

Ini akibat gunman kurang cekatan. Rodanya lepas !!

4 wheel off man.Sama seperti gunman. Wheel off man juga ditempatkan berdampingan dengan jackman. Ketika gunman membuka bolt roda, si wheel off man dengan tangkas bertugas melepas roda dari poros. Selain itu, jika dibutuhkan wheel off man juga dapat berfungsi sebagai wing man. Wing man adalah orang yang mengganti front wing jika memang kondisi front wing lama sudah rusak.

wheels off

Kayaknya ini pekerjaan paling mudah di antara crew pitstop yang lainnya. Bener gak ?

wingman (dari wheel off)

Wheel off man beralih fungsi jadi wing man

4 wheel on man. Pekerjaan wheel on man merupakan kebalikan dari wheel off man yaitu memasang roda baru ke poros. Posisi wheel on man juga diletakkan berdampingan dengan gunman dan wheel off man.

wheels on

Si pemasang ban. Ini juga kayaknya pekerjaan yang mudah.

1 starter motor man + 1 pneumatic man. Kedua orang ini berjaga – jaga apabila pada suatu keadaan engine mobil F1 mati (stall) ketika berada di pitstop dan tidak bisa dihidupkan oleh driver, maka mereka akan menghidupkannya secara manual dengan starter motor yang ditenagai oleh pneumatic system.

Jadi kalo diitung – itung, total crew yang ada berjumlah 24 orang (atau berjumlah 26 orang jika peran wheel off man dan wing man dianggap terpisah). So, ada yang tertarik jadi crew F1 ? (saya mau !!)

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

Martin Brundle Explains Pitstops from a Mechanics ViewBBC

Force India F1

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: