1 Comment

Mengapa Ujung Sayap Pesawat (Wing Tip) Mengarah ke Atas (Vertikal) ??


Bismillah….

Pernah gak teman – teman memperhatikan sayap pesawat ? Pasti teman – teman pernah liat kan ada beberapa jenis pesawat yang ujung sayapnya kayak “ditekuk” ke atas atau arah vertikal. It’s called winglet, guys !! Btw, kok para engineer pesawat repot – repot pake acara “memvariasikan” wingtip segala ?? Apakah ada tujuannya atau sekadar hiasan artistik semata ??

Liat perbedaan gambar kiri dan kanan (Before & after).
(Kiri) Vortex yang terjadi sebelum diaplikasikan winglet sangat besar dan memiliki kecepatan yang tinggi. Akibatnya terjadi gradient pressure antara daerah didepan leading edge dengan daerah di belakang trailing edge sehingga drag force yang terjadi besar.
(Kanan) Setelah diaplikasikan winglet, vortex yang terjadi sangat kecil sehingga drag force yang terjadi juga semakin minimum.

Teman – teman dapat menemukan penjelasannya di dalam video berikut. Videonya sengaja ane gak kasih subtitle itung – itung untuk latihan listening buat teman – teman. Selamat menonton !!

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

National Geographic Megafactories – Learjet

One comment on “Mengapa Ujung Sayap Pesawat (Wing Tip) Mengarah ke Atas (Vertikal) ??

  1. […] kedua (yang pertama tentang winglet) ane hari ini masih berkutat tentang si “burung besi”. Teman – teman tahu kan kalo pesawat […]

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: