4 Comments

E-book – Material Science & Engineering (Callister) – John Wiley & Sons


Bismillah….

Pengetahuan tentang material sekarang memegang peranan penting dalam hampir setiap industri. Entah itu industri otomotif, perabotan rumah tangga, mainan, dll pasti membutuhkan seseorang yang mumpuni pada disiplin ilmu material. Bagaimana tidak, material memegang peranan kunci dalam ketahanan suatu produk. Secara umum, semakin baik kualitas material yang digunakan, maka semakin lama umur kerja/pakai produk tersebut dan ini yang diinginkan oleh konsumen.

Ngemeng – ngemeng, maksud ane ngasih sedikit pengantar diatas adalah ane mau sharing e-book yang membahas secara lengkap segala seluk – beluk tentang material mulai dari logam, polimer (plastik), keramik hingga material komposit walaupun penekanannya lebih kepada material logam mengingat logam merupakan material teknik yang sangat luas penggunaannya.

E-book ini diberi judul “Material Science & Engineering – An Introduction” yang dikarang oleh William D. Callister, Jr. Buku ini memiliki pembahasan yang runtut yaitu dimulai dari pembahasan mikro baru menuju pembahasan makro. Pembahasan mikro yang ane maksud disini yaitu si penulis awalnya menjelaskan terlebih dahulu bagaimana struktur atom suatu material, struktur kristalnya, fenomena imperfections pada solid serta pembahasan diffusi yang biasa terjadi pada saat perubahan fase (pada logam). Kalo pembahasan makro yaitu pembahasan berkenaan sifat mekanik suatu material (kekuatan tarik, kekerasan, ketangguhan, dll), teori kegagalan/patahan, diagram fase (pada baja) serta aplikasi – aplikasi material yang telah dibahas pada dunia engineering. Berikut penampakan alias review e-booknya,

 1

2

3

4

Bagi yang butuh, silahkan download di link berikut :

-SEDOT-

Semoga bermanfaat…!!

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

4 comments on “E-book – Material Science & Engineering (Callister) – John Wiley & Sons

  1. ada yang ed. 2 ngga gan?

  2. Ada buku tentang hot dip.galvanized gak mas??

  3. Ada bahasa Indonesianya ngga? Klo ada, tolong dishare..

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: