14 Comments

Angka Unik – 998001


Bismillah…          

Kembali lagi kita akan membahas bilangan – bilangan yang unik bin ajaib. Ane saranin buat teman – teman semua untuk baca postingan ane sebelumnya tentang bilangan unik, monggo dilihat di 69 faktorial dan 8128.

banner

Well, kembali lagi ke topik awal. Jadi apa yang unik dari angka 998001 ? Beberapa waktu lalu (kira2 satu tahun lalu) angka ini menjadi perbincangan hangat di beberapa forum dunia maya luar negeri karena dapat menghasilkan sesuatu yang jokoWOW ! Apabila angka 1 dibagi dengan bilangan 998001, maka akan menghasilkan recurring decimal (angka dibelakang koma yang berulang dengan pola tertentu dan pengulangan yang terjadi inifinit) yang menakjubkan. Udah, daripada banyak bacot, lebih baik langsung aja kita buktikan bersama.

per.1

Dari perhitungan (1) diatas dapat kita lihat sama – sama kalo 1 dibagi 998001 maka akan menghasilkan recurring decimal yang menyajikan semua angka 3 digit (contohnya : 001, 034, 134, 752, dll) kecuali 3 digit angka pertama dari 998001 yaitu 998. Untuk memudahkan, ane sengaja kasih spasi diantara angka 3 digit untuk memudahkan teman – teman melihat polanya. Gimana ? Amazing, isn’t it ?

Fakta lain dibalik angka 998001 adalah bilangan ini merupakan kuadrat dari 999. Jadi,

998001 = 9992

Tunggu dulu, bagaimana dengan kuadrat 99 dan 9 ? Langsung saja kita buktikan !

 per.2 & 3

Dan ternyata, 99 kuadrat dan 9 kuadrat juga menghasilkan pola serupa dengan 999 kuadrat !

Sekarang, kita coba bermain sedikit “variatif”. Bagaimana hasilnya jika recurring decimal yang terbentuk kita bagi dengan angka 9 sebanyak digit recurring decimal itu sendiri ? Langsung aja ke contoh daripada kita bingung bareng – bareng.

per.4

Wah, makin menarik aja ya ternyata ! Jika kita lakukan perhitungan (4) diatas untuk recurring decimal-nya 99 kuadrat, 999 kuadrat, dst, maka juga insyaAllah akan menghasilkan pola seperti perhitungan (4). Namun apa gak pegel coba, recurring decimal-nya banyak banget segitu.

Oke sampe segini dulu pembahasan angka unik kali ini. InsyaAllah ke depan masih banyak pembahasan angka unik lainnya. So, stay alert !

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

numberphile.com

14 comments on “Angka Unik – 998001

  1. wah, baru tau nih, memang kadang matematika itu unik banget, banyak lah yang bisa di mainin dengan angka…

  2. kalongomongin angka, pasti ga ada habisnya,,, mereka unik banget, dan kalo mengenai angka yang 1 ini, ane baru tau,,

    • namanya manusia, mas…

      memang diciptakan dari sononya dengan “tool” yang sangat berguna yaitu rasa ingin tahunya yang besar…

      apalagi kalo bicara angka.

      makasih masbro udah mau berkunjung ke “rumah maya” ane…

  3. omg, langsung sliwer mate gue liat angka² x_x wkwk

  4. Wahaha gilaa keren banget, ada gitu ya orang yang mau nyari dan ngitung demi mencari sisi lain dari sebuah angka (baca: unik)

  5. Amazing.. Spektakuler pokona mah

  6. keren masbro.. nanti S2nya lanjut cari MSc aja kalo gini..hahaha

  7. tapi qo knpa pas pembagian 3 smpe akhir ga ada angka 8 nya yahh …???

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: