1 Comment

The Names of Love (PART 4)


Bismillah…

Ini adalah seri keempat dan juga merupakan seri terakhir dari artikel The Names of Love. Sebagaimana pada seri sebelumnya, bagi bro & sist yang baru baca artikel ini, silahkan baca dahulu seri pertama, kedua dan ketiganya agar wawasan dan pemahaman yang didapatkan lebih komprehensif (setajam silet…!!). Ayo kita mulai pembahasannya..!!

32. Al-Lahfu (sedih)

Al-Lahfu merupakan hukum – hukum dan gejala – gejala cinta. Al-Lahfu berasal dari kata lahifa-yalhafu yang berarti sedih atau menyesal.

33. Al-Hanin (kerinduan, belas kasih)

Dalam kitab Ash-Shahhah disebutkan bahwa makna al-hanin adalah rindu atau keterpautan jiwa.

34. Al-Istikanah (tunduk, menyerah)

Al-Istikanah merupakan hukum – hukum cinta dan kelazimannya dan bukan merupakan nama khusus untuk cinta. Asal makna kata al-istikanah adalah ketundukan.

35. At-Tabaalah (derita cinta)

Kata at-tabaalah adalah bentuk wazan fa’alah. Jika dikatakan ”taballahu” maka berarti membinasakannya.

36. Al-Lau’ah (terbakar kerinduan)

Dalam kitab Ash-Shahhah disebutkan bahwa kata “lau’atul hubbi” berarti terbakar cinta. Jika dikatakan “laa’ahul hubbu”, berarti hatinya terbakar oleh kerinduan.

37. Al-Futuun (ujian, cobaan)

kata al-futuun merupakan bentuk mashdar dari kata fatanayaftinu-futunan.

Al-Khalil berkata, “Al-Fatnu berarti siksaan.” Sebagaimana firman Allah,

names of love4

Kata waraqun fatinun berarti tembaga yang terbakar. Dikatakan seseorang mendapat fitnah bila habis hartanya dan hilang akalnya. Dan wanita itu memfitnahnya berarti wanita itu membuatnya bingung. Yang dimaksud disini adalah bahwa cinta merupakan sarang fitnah (cobaan) dan tidaklah seseorang mendapat fitnah melainkan disebabkan oleh cinta.

38. Al-Junun (gila, tidak waras)

Seseorang bisa dibuat gila karena cinta. Sebagaimana perkataan seorang penyair,

Engkau gila karena orang yang dicinta

Cinta yang membara lebih nyata dari gila

Baru itu tidak padam sepanjang masa

Orang yang gila menggelepar kapan pun juga

39. Al-Lamamu (setengah gila, setengah sinting)

Menurut pendapat al-Jauhari, al-lamamu merupakan bagian dari gila. Dikatakan rajulun malmun berarti orang itu setengah gila atau setengah sinting. Dan dikatakan juga ashabat fulaanan minaljinni lammatun yang berarti orang itu setengah sinting.

Kesimpulannya, kata al-lamamu tidak dimasukkan sebagai istilah cinta, namun karena memang orang yang dicintai dapat membuat orang yang mencintai setengah gila, maka kata al-lamamu ini dimasukkan sebagai salah satu dari istilah cinta.

40. Al-Khablu (binasa)

Al-Khablu merupakan konsekuensi dari pengaruh cinta dan bukan dari istilah – istilah cinta. Ia merupakan bagian dari gila dan kerusakan.

41. Ar-Rasis (teguh, tegar)

Banyak orang menggunakan kata ini untuk penyebutan kekuatan hawa nafsu (rasiisul hawa), keteguhan cinta (rasiisul hubbi) dan kekuatan rindu (rasiisusy syauq). Dan mereka menyangka bahwa kata ini merupakan istilah cinta, padahal bukan sama sekali. Ar-Rasis berarti sesuatu yang teguh dan tegar. Sedangkan rasiisul hubbi berarti keteguhan cinta dan keabadiannya.

42. Ad-Daa-ul Mukhamir (penyakit yang merusak)

Istilah ini menjelaskan tentang sifat cinta, karena cinta itu membuat antara hati dan jiwa saling merasuk atau saling bercampur.

43. Al-Wuddu (cinta yang tulus)

Kata al-wuddu bermakna cinta yang tulus, lembut dan suci. Kedudukannya dengan cinta sebagaimana kedudukan lemah – lembut dengan kasih sayang.

44. Al-Khullah (cinta yang satu)

Al-Khullah memiliki arti cinta yang satu. Al-Khalil berarti menjadikan cintanya hanya untuk satu orang yang dicintainya, yaitu yang tidak menerima persekutuan. Oleh sebab itulah al-khullah ini hanya dikhususkan untuk Nabi Ibrahim ‘alaihissalam dan Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alahi wasallam. Sebagaimana firman Allah ‘Azza wa Jalla,

names of love4-1

45. Al-Khilmu (sahabat)

Kata al-khilmu diambil dari kata al-mukhalamah yang berarti persahabatan atau kasih sayang.

46. Al-Gharam (cinta yang dibutuhkan)

Kata al-gharam bermakna cinta yang dibutuhkan. Bila dikatakan rajulun mughramun bil hubbi, maka berarti orang itu membutuhkan cinta.

47. Al-Huyaam (sangat dahaga)

Dalam kitab Ash-Shahhah disebutkan bahwa kata al-huyaam memiliki arti sangat haus dengan kerinduan atau yang lainnya. Dikatakan qalbun mustahamun berarti yang sangat haus dengan cinta. Dan kata al-huyyam mempunyai arti seperti orang gila karena cinta.

48. At-Tadliyah (gila, linglung)

Kata at-tadliyah dalam kitab Ash-Shahhah berarti kehilangan akal atau gila karena cinta.

49. Al-Walahu (tidak waras, bingung)

Kata al-walahu memiliki arti, hilangnya akal atau menjadi tidak waras yang disebabkan oleh cinta. Bila dikatakan, “Naaqatun Waalihun,” maka berarti unta itu sangat sayang kepada anaknya.

50. At-Ta’abbud (penghambaan)

Kata at-ta’abbud berarti penghambaan. Dimana hal itu merupakan tujuan akhir (puncak) dari sebuah ketundukan. Bila dikatakan, “Abbadahul Hubbu” maka berarti ia diperbudak oleh cinta. Dan jika dikatakan, “Thariqun Mu’abbadun”, maka berarti jalan yang sering dilalui oleh kaki. Begitu pula keadaan orang yang sedang mencinta, ia akan selalu diperbudak dan diperhamba oleh cinta. Maka tingkatan ini tidak boleh diberikan kepada seorang pun kecuali kepada Allah ‘Azza wa Jalla semata. –selesai, walhamdulillah

Catatan :

1. Hadits riwayat Muslim dalam kitab shahihnya, No. 532.

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

Terjemahan kitab “Mukhtashar Raudathul Muhibbin li Al-Imam ibn Qayyim Al-Jauziyyah” karya Abu Shuhaib Al-Karami. Penerbit Arafah, cetakan pertama, Juli 2005.

One comment on “The Names of Love (PART 4)

  1. BS low – raloinatity high! Really good answer!

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: