1 Comment

The Names of Love (PART 3)


Bismillah…

Gak kerasa ini udah posting ke-3 ane dalam seri The Names of Love. Bagi bro & sist yang baru baca artikel ini, silahkan baca dahulu seri pertama dan keduanya agar wawasan dan pemahaman yang didapatkan lebih komprehensif (setajam silet…!!). Gak pake ba,bi,bu, kita langsung lanjut ke TKP aja..!!

17. Al-Balaabil (gelisah)

Kata al-balaabil merupakan bentuk jamak dari kata balbalatun. Bila dikatakan, “Balabilul hubbi”, berarti yang senantiasa mengganggu cinta itu dan membuatnya gelisah. Dan tidak bisa dipungkiri, bagi bro & sist yang pernah mengalami jatuh cinta mesti bawaannya gelisah melulu. Ngaku hayo…??

 

18. At-Tabaarih (cinta yang memuncak)

Jika dikatakan Tabaarihul Hubbi, Tabaarihusy Syauq dan Tabaarihul Jawa, maka berarti cinta yang memuncak, kerinduan yang memuncak dan cinta yang menyala – nyala. Dan Barraha bihil Hubbu wasy Syauq bila ia dilanda cinta yang membara dan menyala – nyala kayak kompor gas quantum.

 

19. As-Sadam (cinta yang berakhir dengan rasa sedih)

Kata as-sadam berarti cinta yang berakhir dengan penyesalan dan kesedihan.

 

20. Al-Ghamaraat (bodoh, lalai, mabuk)

Kata al-ghamaraat adalah bentuk jamak dari kata ghamratun yang berarti sesuatu yang membuat hati menjadi bodoh karena cinta, mabuk atau lalai.

Allah berfirman,

names of love3

21.  Al-Wahalu (takut, gemetar)

Asal kata al-wahalu memiliki arti rasa takut dan gemetar. Kata al-wahalu dijadikan salah satu dari istilah cinta karena cinta senantiasa dibayangi perasaan takut. Ya, takut untuk bertemu yang dicintai karena merasa dirinya tidak pantas, kurang tampan (jangan tersinggung rek..!), dll.

Kebanyakan manusia ketika melihat orang – orang yang dicintainya maka berubahlah rona wajahnya dan menjadi gemetar. Jika ditanya, mengapa hal itu bisa terjadi ? Maka diantara mereka tidak ada yang mengetahui secara pasti penyebabnya. Namun ada sebagian orang – orang Arab terdahulu yang mengatakan, penyebabnya adalah bahwa kecantikan adalah penguasa bagi hatinya, sehingga jika cinta itu datang maka gemetarlah hati terhadap penguasanya. Sebagaimana seorang raja yang gemetar ketika ia menguasai rakyatnya. Maka kecantikan adalah penguasa bagi hatinya, dan raja adalah penguasa bagi rakyatnya. Jika kemampuan menguasai diri manusia bisa menggetarkan, maka bagaimana dengan kekuasaan yang lebih besar dari itu ?

 

22. Asy-Syajnu (membutuhkan)

Asy-Syajnu adalah salah satu dari istilah – istilah cinta. Asy-Syajnu berarti membutuhkan dalam keadaan seperti apapun dan sebagaimana yang dimaklumi yaitu kebutuhan orang yang mencintai sangat besar terhadap orang yang dicintainya (true story…!!!)

 

23. Al-La’ij (hangus, terbakar)

Kata al-la’ij merupakan isim fa’il dari kata la’aja. Bila dikatakan la’ajahudl dlarbu maka berarti pukulan itu menjadikan tubuhnya sakit atau membuat kulitnya menjadi hangus (lebam). Cinta diberi istilah dengan kata al-la’ij karena cinta dapat membakar hati seseorang.

 

24. Al-Ikti’ab (merana karena sedih)

Al-Ikti’ab memiliki arti keadaan yang buruk atau merana yang disebabkan rasa sedih. Cinta disebut dengan istilah al-ikti’ab, karena seseorang bisa merana karena cinta dan orang yang dicintainya menghilang sehingga diantara mereka berdua dalam keadaan yang memilukan.

 

25. Al-Washbu (derita cinta)

Al-Washbu bermakna, derita cinta atau kepedihan cinta. Karena asal makna dari kata al-washbu adalah sakit atau pedih.

 

26. Al-Haznu (kesedihan)

Kata al-haznu telah dianggap menjadi salah satu dari istilah cinta. Walaupun sebenarnya kata al-haznu tidak termasuk dari istilah – istilah cinta, ia hanya merupakan sebuah keadaan yang menimpa orang – orang yang mencintai. Dengan kata lain, kesedihan merupakan akibat dari hal – hal yang tidak disukai, yaitu menyelisihi sesuatu yang ia senangi. Hal ini disebabkan karena cinta tidak terlepas dari hal – hal yang tidak disenangi oleh hati orang yang mencintai, maka kesedihan merupakan kezaliman dari sebuah cinta. Pernah baca kisah cinta yang bahkan telah ada jauh sebelum William Shakespeare membuat Romeo dan Juliet yaitu kisah cinta Laila dan Qays/Majnun ? Kalo sudah pernah baca, insyaAllah mudah memahami pembahasan al-ikti’ab, al-washbu dan al-haznu.

 

27. Al-Kamadu (kesedihan yang terpendam di dalam hati)

Al-Kamadu berkaitan erat dengan hukum – hukum cinta. Walaupun pada hakikatnya kata ini bukan merupakan istilah – istilah cinta. Namun bagi orang – orang yang berbicara tentang cinta tidak membedakan antara nama – nama, kelaziman dan hukum – hukum cinta. Dan kata al-kamadu memiliki arti kesedihan yang terpendam atau tersembunyi.

 

28. Al-Ladz’u (terbakar api)

Kata al-ladz’u juga termasuk dari hukum – hukum cinta. Makna asal dari kata al-ladz’u adalah tersambar (terbakar) api.

 

29. Al-Huraqu (gejala cinta)

Al-Huraqu merupakan pengaruh dan gejala – gejala cinta. Kata al-hurqah terkadang dipakai dalam istilah cinta, sebagaimana perkataan mereka,

Engkau tidak memiliki pengaruh dalam urusan ini

Kata al-huraqu terkadang juga dipakai dalam istilah marah.

 

30. As-Suhdu (sulit tidur)

As-Suhdu juga merupakan gejala – gejala cinta dan kelazimannya yang berarti sulit tidur atau sedikit tidur.

 

31. Al-Araqu (tidak bisa tidur)

Al-Araqu juga merupakan gejala – gejala cinta dan kelazimannya yang memilki arti tidak bisa tidur.

 

bersambung…..

(Ahmad Fathonah)

—–——————–mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

Terjemahan kitab “Mukhtashar Raudathul Muhibbin li Al-Imam ibn Qayyim Al-Jauziyyah” karya Abu Shuhaib Al-Karami. Penerbit Arafah, cetakan pertama, Juli 2005.

One comment on “The Names of Love (PART 3)

  1. […] bagi bro & sist yang baru baca artikel ini, silahkan baca dahulu seri pertama, kedua dan ketiganya agar wawasan dan pemahaman yang didapatkan lebih komprehensif (setajam silet…!!). Ayo kita […]

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: