Leave a comment

Ketika Manusia Lenyap dari Muka Bumi (PART 1)


Bismillah…

zero1

zero2

Hasil karya alias produk manusia

Kita, manusia memang merupakan makhluk Allah subhanahu wa ta’ala yang paling dominan di muka bumi karena nikmat yang Allah berikan berupa akal pikiran yang dinamis. Kita mendominasi hampir di semua lini kehidupan baik di darat, laut maupun udara. Di darat, kita membangun dan “mengukir” berbagai macam bangunan indah yang memukau. Tunggu dulu, itu baru di permukaan bumi saja. Di dalam permukaan bumi kita membangun berbagai macam jaringan kereta cepat bawah tanah, mengeksplorasi kekayaan alam dan bahkan membuat markas rahasia. Belum lagi dengan burung – burung besi yang kita ciptakan, yang setiap harinya berseliweran di langit. Begitulah planet bumi kita ini dengan kehadiran kita yang dijadikan oleh Allah selain sebagai hamba juga dijadikan khalifah (pengelola dan pengatur) di bumi ini. Sekarang coba kita bayangkan, suatu saat manusia di bumi lenyap pada waktu bersamaan. Ya, ketika mereka sedang menjalankan aktivitas seperti biasa tiba – tiba semua manusia lenyap entah kemana. Bagaimanakah jadinya dunia ini…??

Hari Pertama Setelah Manusia Lenyap

– Terjadi bencana tabrakan kendaraan beroda 2 maupun 4 secara massif, baik tabrakan antar kendaraan maupun kendaraan yang menabrak dan menghancurkan infrastruktur buatan manusia. Selain itu, pesawat terbang melayang tanpa kendali dan tinggal menunggu waktu saja sampai gaya gravitasi menariknya kembali ke bumi saat bahan bakarnya habis dan mengakibatkan bencana destruktif yang besar…!!

zero1(traffic accident)

zero4(pesawat accident)

Kekacauan lalu lintas darat dan udara

– Kereta api tak berawak terus melaju tanpa ada yang dapat menghentikannya. Beberapa diantaranya ada yang “terlempar” dari rel karena kecepatannya yang terlalu tinggi ketika melewati lingkungan dan mengakibatkan kerusakan yang luar biasa. Beberapa yang lainnya terus – menerus berjalan menempuh rel hingga bahan bakarnya habis dengan sendirinya.

zero1(train accident)

Kekacauan pada lalu lintas kereta api

– Bumi yang semula “kegerahan” dengan hadirnya manusia mengalami pendinginan yang cukup signifikan. Kira – kira tubuh manusia dewasa rata – rata mengemisikan panas yang setara dengan lampu 100 watt. Sebagai contoh, ketika seluruh penduduk New York hilang, maka temperatur kota tersebut dapat turun hingga beberapa derajat. Coba bayangkan apabila sekian miliar penduduk bumi hilang bersamaan, berapa Mega watt atau bahkan Giga watt panas yang hilang tiba – tiba dalam siklus energi…??  Belum lagi, absennya kendaraan yang beredar di jalanan. Pastinya, bumi bakalan lebih dingin..!!

– Seluruh automated machine buatan manusia (traffic light, lampu – lampu jalanan, elevator, lift, dll) dan sistem komunikasi tetap berjalan selama suplai power dari power plant maupun solar cell masih ada. Di Amerika, setengah energi listrik yang dihasilkan berasal dari PLTU. Dengan hilangnya suplai batu bara ke boiler, maka PLTU akan mulai berhenti bekerja dan bumi akan menjadi gelap tanpa penerangan pada sebagian kota di Amerika pada malam hari. Begitu juga yang terjadi di berbagai belahan bumi. Namun di sebagian tempat yang powernya berasal dari pembangkit – pembangkit tenaga angin maupun air, maka listrik akan terus disuplai namun mungkin hanya dalam hitungan beberapa menit atau jam. Karena absennya manusia di ruang kontrol pembangkit, saat beban listrik overload, sistem secara otomatis akan shutdown dan suplai listrik pun hilang dan saat malam hari bumi menjadi the dark planet.

zero6(machine)

zero5(automated system)

Automated system buatan manusia

zero10(wind turbine)

Pembangkit listrik tenaga angin

zero9(black out)

Bumi menjadi gelap karena suplai power down

Nuclear power plant juga mengalami hal serupa dengan PLTA dan Pembangkit Tenaga Angin. Saat beban overload, maka sistem otomatis akan shutdown. Namun ini hanyalah awal dari bencana lain yang lebih besar…!!

zero12(nuclear plant)

zero11(niagaraplant)

PLTA & Pembangkit Listrik Tenaga Air

– Sebagian kendaraan roda empat yang jumlahnya dalam orde ribuan/puluhan ribu masih tetap menyala bahkan ada yang terbakar karena ledakan setelah terjadinya tabrakan. Emisi CO2 rata – rata yang dihasilkan oleh kendaraan roda empat per galon (U.S. gallon) bahan bakar berjumlah sekitar 8,6 Kg. Gas CO2 tersebut dapat mencemari atmosfer bumi hingga 100 tahun ke depan. Belum lagi gas buang yang dihasilkan pesawat berupa uap air yang menjadi “awan buatan” di langit. Namun setidaknya, bumi merasa lebih tenang karena “man made pollution” sebentar lagi akan berangsur – angsur hilang.

zero13(industrial)

Pabrik industri, salah satu penghasil CO2

– Pabrik – pabrik industri buatan manusia tidak berjalan karena hilangnya suplai listrik. Namun bukan berarti tidak akan ada bencana yang ditimbulkannya. Sebagian gas seperti oksigen, hidrogen, klorin dan nitrogen memerlukan pendinginan yang ekstrem (cryogenic cooling) untuk menjaganya tetap cair di dalam tangki penyimpanan. Saat suplai listrik tidak ada, maka unit pendingin pun tidak bekerja. Akibatnya, sejumlah besar gas mulai mendidih dan berekspansi, mengakibatkan peningkatan tekanan yang pesat di dalam tangki penyimpanan. Saat tekanan yang terjadi melampaui batas aman, katub pengaman gas membuka dengan sendirinya. Gas tersebut keluar dari tangki. Dengan bantuan angin, gas – gas tadi menyebar dengan cepat ke penjuru kota dan daerah. Sebagian dari gas tersebut bahkan ada yang lebih ringan dari udara dan beracun bagi makhluk hidup sehingga dapat mengancam keberlangsungan flora dan fauna sekitar daerah kebocoran gas.

zero14(liquid gas)

zero15(gas vent out)

Kebocoran gas pada karena kenaikan tekanan

zero22(klorin membunuh satwa)

Hewan yang mati karena gas beracun

Emergency back up system yang biasanya ditenagai genset diesel menjaga pembangkit – pembangkit tenaga nuklir agar tetap aman dengan terus menjaga siklus pendinginan pada reaktor agar tidak meleleh karena reaksi fisi nuklir yang menghasilkan panas luar biasa besar. Namun, lambat laun bahan bakar solar pada genset tersebut akan habis. Dan bencana radiasi nuklir yang luar biasa akan segera terjadi tanpa ada seorang pun yang dapat menghentikannya.

zero17(nuclear back up with diesel genset)

Cooling system pada reaktor nuklir

zero18(nuclear fusi)

Reaksi fisi pada reaktor nuklir

zero19(nuclear reaktor)

Nuclear fuel

– Seluruh hewan peliharaan yang ada di rumah baik itu kucing maupun anjing mulai kelaparan sehingga mulai mengobrak – abrik interior rumah. Bukan hanya hewan peliharaan, hewan pada kebun binatang pun merasakan hal serupa. Sebagian kandang untuk hewan buas seperti harimau, singa dan gajah yang biasanya dialiri arus listrik, karena suplai listrik sudah mati maka hewan tersebut mulai berusaha meloloskan diri dari kebun binatang untuk mencari makanan. Jadilah para predator dan hewan buas tersebut memasuki wilayah perkotaan dan memulai insting mereka untuk mencari makanan dan berburu.

zero20(pet hungry)

Hewan peliharaan mulai kelaparan

zero21(zoo hungry)

Hewan di kebun binatang juga mulai meradang karena kelaparan

– Ribuan LNG plant mengalami nasib serupa dengan plant gas lainnya. Karena cooling system mati, LNG mulai mendidih dan tekanan meningkat tajam. Katub pengaman mulai membuka dan ribuan kubik LNG menyebar ke sekeliling dibantu oleh angin. Sebagaimana yang kita ketahui, LNG adalah gas flammable sebagaimana hidrogen. Gas – gas mudah terbakar tersebut hanya butuh satu percikan api saja untuk men-trigger-nya agar menjadi bencana ledakan berantai dahsyat yang menghancurkan apapun. Bukan hanya itu, ledakan gas tersebut menghasilkan ribuan hingga puluhan ribu kubik gas hasil pembakaran yang mengandung karbon monoksida dan damn, CO2 is a toxic gas…!!

zero23(LNG bocor)

Kebocoran LNG yang rentan terbakar

zero24(LNG menimbulkan ledakan)

Ledakan yang diakibatkan LNG_1

zero25(ledakan lng2)

Ledakan yang diakibatkan LNG_2

Begitulah dunia tanpa manusia dalam satu hari pertama. Hasil karya manusia berubah menjadi mesin pembunuh bagi makhluk hidup yang ditinggalkan. Bagaimanakah keadaan bumi untuk 3 hari, satu bulan, bahkan hingga beberapa tahun sejak manusia lenyap…?? Nantikan kelanjutannya, insyaAllah.

Bersambung….

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

National Geographic, Aftermath – Population Zero (2008)

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: