2 Comments

The Names of Love (PART 2)


Bismillah…

Pada postingan sebelumnya, The Names of Loves (PART 1), kita udah membahas 3 nama ato makna lain dari cinta. Sekarang ane mau menyajikan kepada bro & sist kelanjutannya. So let’s take a look..!!

4. Ash-Shabwah (kerinduan)

Ash-Shabwah atau Ash-Shaba yang berarti kerinduan adalah salah satu dari sekian nama cinta. Nah, asal kata ash-shabwah bermakna condong. Sebagaimana dikatakan “shaba ila kadza” artinya ia condong kepada sesuatu. Cinta disebut dengan istilah ash-shabwah karena pelakunya condong kepada wanita yang bersifat kekanak – kanakan alias jalan pikirannya belum dewasa. Bentuk jamak dari kata ash-shabwah adalah shabaya, seperti mathaya yang berasal dari kata mathiyyah. Sedangkan at-tashabi berarti saling condong.

5. Ash-Shababah (kerinduan yang halus)

Dalam kitab Ash-Shahhah disebutkan bahwa ash-shababah berarti kerinduan yang halus atau kerinduan yang membara. Seperti perkataannya orang Arab dahulu yaitu “rajulun shabbun” yang berarti orang yang rindu dendam.

6. Asy-Syaghafu (cinta yang mendalam)

Asy-Syaghafu berarti cinta yang mendalam merupakan salah satu dari nama cinta.

Allah berfirman,

names of love

Al-jauhari dan lainnya berkata, “Asy-Syaghaf bermakna lapisan yang membungkus hati, yaitu kulit yang berada diluarnya seperti pembungkusnya.” Dikatakan “Syaghfahul Hubbu” berarti cinta yang sampai pada kulitnya karena saking dalamnya (bener – bener dah. Memang bahasa Arab terbukti sebagai bahasa dengan cita rasa sastra yang sangat tinggi dan indah. Subhanallah…!!)

7. Asy-Sya’afu (cinta yang membawa penderitaan)

Dalam Ash-Shahhah disebutkan sya’afahul hubbu berarti cinta itu membakar hatinya (gosong dong…). Abu Zaid berkata, “Cinta itu membuat hatinya sakit dan menderita.”

8. Al-Miqatu (cinta)

Al-Miqatu berasal dari kata wamiqa – yamiqu yang berarti cinta.

9. Al-Wajdu (cinta yang disertai rasa sedih)

Al-Wajdu berarti cinta yang senantiasa disertai perasaan sedih. Kebanyakan, kata al-wajdu digunakan untuk menyebutkan perasaan sedih.

10. At-Tatayyum (penghambaan)

At-Tatayyum ini memiliki arti penghambaan. Dalam kitab Ash-Shahhah disebutkan “Taymullah” berarti hamba Allah. Jika dikatakan “Tayammahul Hubbu” berarti ia diperbudak dan diperhamba oleh cintanya. Maka, orangnya disebut dengan mutayyimun yang berarti diperbudak cinta.

11. Al-‘Isyq (cinta buta, cinta yang meluap – luap)

Al-‘Isyq adalah istilah yang paling buruk dan paling jelek untuk nama cinta. Orang – orang Arab biasanya tidak suka menggunakan istilah ini sampai pada taraf seakan – akan mereka menyembunyikan istilah ini dan tidak menggunakannya dalam bahasa resmi mereka. Bahkan hampir – hampir tidak terdapat dalam kata – kata sya’ir mereka. Istilah ini baru digunakan oleh orang – orang pada zaman ini. Dan istilah ini juga tidak terdapat dalam Al-Qur’an maupun As-Sunnah kecuali dalam hadits Suwaid bin Sa’ad [1]. Dan juga dalam perkataan mereka, sebagaimana perkataan seorang penyair,

Apa sulitnya bagi seorang pendusta

Untuk berkata, “Padamu kuserahkan cinta…”

Dia berkata, “Sebenarnya engkaulah kekasihku…”

Sekalipun tidak ada ketulusan pada dirimu

Dalam kitab “Ash-Shahhah” disebutkan, al-‘isyq bermakna puncak cinta.

Ibnu Sayyidah berkata, “Al-‘Isyq memiliki arti kekaguman orang yang mencitai terhadap orang yang dicintai baik itu cinta suci atau tidak, sehingga mengantarkannya ke tempat kesucian atau kejahatan.”

Ada yang berpendapat, bahwa al-‘isyq adalah nama cinta dan yang lain berpendapat, ia adalah sumber cinta. Dan ada juga yang mengatakan bahwa istilah al-‘isyq diambil dari nama sebuah pohon yang bernama ‘asyiqah, yaitu sebuah pohon yang menghijau lalu lama – kelamaan menjadi kuning.

Al-Farra’ berkata, “Al-‘Isyq adalah jenis sebuah tumbuhan yang menghasilkan getah perekat, maka cinta dinamakan dengan istilah al-‘isyqkarena ia lengket dan merekat dalam hati seseorang.”

Ibnul ‘Arabi berkata, “Al-‘Asyaqah bermakna al-lublabah yaitu jenis sebuah pohon yang menghijau lalu menguning.”

12. Al-Jawa (cinta yang membara)

Dalam kitab Ash-Shahhah disebutkan bahwa arti al-jawa adalah cinta yang membara disebabkan kecintaan yang meluap – luap atau cinta yang disertai dengan kesedihan.

13. Ad-Danafu (sakit karena cinta)

Orang – orang Arab sangat jarang sekali menggunkan istilah ini untuk cinta. Mereka biasanya menggunakan istilah ini untuk hal – hal yang berkaitan dengan rasa sakit. Kata ad-danafu digunakan untuk istilah cinta oleh orang – orang pada zaman sekarang ini (yang dimaksud adalah pada zaman penulis, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, yaitu sekitar abad ke -7 hijriyah).

14. Asy-Syajwu (cinta yang berakhir dengan kegelisahan)

Makna asy-syajwu adalah cinta yang senantiasa diiringi perasaan gelisah dan kesedihan.

15. Asy-Syanqu (rindu)

Asy-Syanqu adalah keinginan hati untuk bersua dengan orang yang dicintai.

bersambung…..

Catatan :

1. Wallahi, ane belum menemukan hadits yang dimaksud oleh penulis. InsyaAllah kalo udah ketemu, ane akan update dan kasih tahu ke bro & sist sekalian.

(Ahmad Fathonah)

—–——————–mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

Terjemahan kitab “Mukhtashar Raudathul Muhibbin li Al-Imam ibn Qayyim Al-Jauziyyah” karya Abu Shuhaib Al-Karami. Penerbit Arafah, cetakan pertama, Juli 2005.

2 comments on “The Names of Love (PART 2)

  1. […] of Love. Bagi bro & sist yang baru baca artikel ini, silahkan baca dahulu seri pertama dan keduanya agar wawasan dan pemahaman yang didapatkan lebih komprehensif (setajam silet…!!). Gak pake […]

  2. […] seri sebelumnya, bagi bro & sist yang baru baca artikel ini, silahkan baca dahulu seri pertama, kedua dan ketiganya agar wawasan dan pemahaman yang didapatkan lebih komprehensif (setajam […]

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: