1 Comment

Racing Technique – Racing Line & Cornering


Bismillah….

Bro & sist sekalian pasti pernah liat balap Formula 1 (F1) atau MotoGP kan…?? Pernah merhatiin kalo di sirkuitnya ada semacam daerah aspal yang lebih hitam daripada daerah lainnya..?? Nah, terinspirasi dari hal tersebut (kayak seniman), pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang racing line dan cornering technique. Ini merupakan kali pertama saya posting tentang racing technique. Rencananya ke depan akan dibuat berseri…(hehehe). Mudah – mudahan dapat membantu bro & sist sekalian….

cornering technique1

Driving Simulator untuk Latihan Cornering

Kembali ke laptop !! Nah racing line sendiri sebenarnya merupakan daerah dari lintasan yang paling optimum (dari segi jarak tempuh & kecepatan) dan sangat vital terutama dalam posisi untuk melibas tikungan. Makanya para pembalap baik F1 maupun MotoGP senantiasa berusaha untuk tetap berada pada racing line (kecuali kalo mau overtake). Karena para pembalap lebih cenderung gak mau “move on” dari racing line, makanya aspalnya jadi item – item gitu yang disebabkan terkonsentrasinya deposit karet ban pada daerah tersebut.

Kalo kita sekolah atau kuliah pasti kan ada teorinya sebelum praktek. Nah, untuk dunia balap pun tidak lepas dari hal tersebut. Ngomong – ngomong tentang cornering technique, ternyata ada “basic term” atau istilah – istilah dasar yang bro & sist sekalian kudu fahamin terlebih dahulu. Term tersebut ada 3 yaitu turn in, apex dan track out.

Turn in adalah titik dimana pertama kali kita mulai memutar steering wheel untuk melibas tikungan. Nah, titik ini vital sekali untuk diketahui terlebih lagi oleh seorang pembalap. Jika seorang pembalap mulai memutar steering wheel terlalu dini (relatif terhadap turn in ideal tiap tikungan), maka ia akan kehilangan kecepatan karena tentunya harus menginjak pedal rem lebih awal. Sebaliknya, jika steering wheel diputar terlambat maka bisa – bisa si pembalap “melebar” menjauhi pusat tikungan karena efek understeer yang terjadi. Efeknya, jadi mudah di-overtaking oleh musuh. Makanya, biasanya sebelum official race dimulai, pembalap diberi kesempatan untuk men-jajal sirkuit agar si pembalap bisa memperkirakan dimana turn in berada pada tiap tikungan. Faktanya, tiap tikungan memiliki titik turn in ideal yang berbeda – beda tergantung pada radius tikungan.

cornering technique4

cornering technique3

cornering technique2

Letak Titik Turn In yang Bervariasi untuk Setiap Tikungan

Kalo apex adalah titik terdalam dari tikungan (the bottom of the corner). Istilahnya, the heart of the racing line. Ketepatan pembalap dalam menentukan turn in yang ideal memudahkannya untuk mencapai apex. Keuntungan bagi pembalap apabila berhasil mencapai apex adalah ia dapat mencapai akselerasi maksimum begitu keluar dari tikungan sehingga bisa mencapai kecepatan tinggi lebih awal.

cornering technique6

cornering technique5

Letak Apex yang Selalu Berada pada Inner Kerb

Selanjutnya adalah track out. Track out sendiri adalah bagian aspal terluar yang dapat dijangkau dengan kecepatan optimum ketika telah keluar dari tikungan. Apabila si pembalap dapat dengan sempurna “mengeksekusi” turn in dan apex, maka secara natural kendaraannya akan dapat mencapai track out karena dorongan gaya sentrifugal.

cornering technique7

cornering technique8

Track out yang terletak pada Outer Kerb

Gambar dibawah memperlihatkan perbandingan antara outer radius, inner radius dan racing line pada sebuah tikungan. Apabila kita coba menempuh outer radius, maka kita dapat mencapai kecepatan maksimum untuk melibas tikungan tersebut tetapi dengan konsekuensi jarak tempuh yang terjauh. Sebaliknya, apabila kita coba menempuh inner radius, maka kita bisa mendapatkan jarak tempuh terdekat tetapi dengan konsekuensi kecepatan yang rendah. Racing line adalah optimasi/kompromi dari 2 jenis radius tersebut untuk memaksimalkan performa kendaraan sesuai dengan “fitrah”-nya. Sehingga apabila terdapat 3 kendaraan yang sama persis dan skill driver yang hampir seragam, maka dapat dipastikan driver yang menempuh racing line membutuhkan waktu yang paling sedikit untuk melibas tikungan tersebut.

cornering technique11

cornering technique9

Kecepatan Menikung vs Radius Belok

Btw bro & sist udah lumayan ngerti kan sekarang ? Alhamdulillah… Jangan lupa nantikan seri racing technique selanjutnya….

Attention :

Fasten your seatbelt & keep safety driving…!! Don’t try this at public road/street…!!

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :

iRacing.com

One comment on “Racing Technique – Racing Line & Cornering

  1. […] seri Racing Technique sebelumnya, ane udah membahas tentang racing line beserta segala tetek bengeknya. Sekarang ane mau […]

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: