1 Comment

Pengukuran Durasi Buka – Tutup serta Lift Katub Intake dan Exhaust


          Dalam dunia internal combustion engine, durasi buka – tutup katub intake dan exhaust memainkan peranan penting karena berfungsi mengatur kapan bahan bakar dimasukkan ke dalam ruang bakar serta jumlah bahan bakar yang dimasukkan. Nah bagi bro dan sist yang pengen mengetahui berapa sih durasi tersebut, nih ane ada tutorialnya….
Btw, nih alat – alat yang dibutuhkan dalam proses pengukuran :

•    Busur derajat 360 derajat (resolusi 1 derajat)
•    Kawat kaku
•    Dial gauge (resolusi 0,01 mm) + holder
Berikut adalah langkah – langkah pengukuran durasi buka – tutup serta lift katub intake dan exhaust :
1.    Membuka penutup yang terletak di bagian atas cover rotor magnet dan di bagian tengah cover rotor magnet dengan bantuan obeng minus atau coin (gambar 1).

DCIM100MEDIAGambar 1. Membuka penutup cover rotor magnet

2.    Menggunakan kunci T-15 atau kunci sok 15 untuk memutar rotor ke arah CCW melalui lubang bagian tengah cover rotor magnet. Kemudian lubang bagian atas cover rotor magnet dilihat hingga garis di sebelah kanan huruf “T” dan notch pada ulir sejajar (gambar 2).

DCIM100MEDIA
Gambar 2. Setting top compression

3.    Membuka cover rotor magnet yang terletak di sebelah kiri engine dengan kunci T-8. (gambar 3).

DCIM100MEDIA
Gambar 3. Cover rotor magnet yang sudah dibuka

4.    Menempelkan busur pada rotor magnet dengan skala nol tepat sejajar dengan garis di sebelah kanan huruf “T” (gambar 4).

DCIM100MEDIA
Gambar 4. Pemasangan busur derajat

5.    Mengikatkan salah satu ujung kawat pada engine dan ujung satunya mengarah tepat pada skala 0 derajat busur (gambar 5).

DCIM100MEDIA
Gambar 5. Pemasangan busur derajat

6.    Menempelkan ujung dial gauge pada baut penyetel celah kerenggangan klep intake / exhaust dengan penetrasi awal 6 – 7 mm (gambar 6).

DCIM100MEDIA
Gambar 6. Penempatan dial gauge pada baut penyetel celah

7.    Memutar magnet perlahan ke arah CCW sambil memperhatikan putaran jarum dial gauge. Mencatat derajat yang ditunjukkan kawat saat jarum dial gauge berputar ke arah CCW pertama kali (gambar 7).

DCIM100MEDIA
Gambar 7. Pemutaran magnet untuk mengetahui durasi dan lift valves

8.    Saat jarum yang semula berputar ke arah CCW mulai berbalik ke arah CW maka saat itulah maximum lift terjadi. Jadi harga lift yang terjadi adalah kedalaman penetrasi dikurangi titik dimana jarum mulai berputar CW (gambar 8).

 gambar 8
Gambar 8. Putaran jarum dial gauge saat katub membuka dan menutup

9.    Jarum yang berputar CW akan kembali lagi ke nilai referensi penetrasi awal. Saat jarum tepat berhenti, perhatikan ujung kawat kemudian harga derajat yang ditunjukkan dicatat.
Selesai sudah. Nah, sekarang bro dan sist udah tahukan caranya…?? Saatnya praktek…!!!

 

(Ahmad Fathonah)

————————-mechanicalengboy.wordpress.com————————

Sumber :
Pengalaman ane sendiri ketika mengutak – atik sepeda motor Supra X 100 cc.

One comment on “Pengukuran Durasi Buka – Tutup serta Lift Katub Intake dan Exhaust

  1. KalAu untuk 2tak gimana

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: