Leave a comment

Mengapa spacecraft memiliki round/blunt shape nose….??


Pada awal tahun 1950an, ilmuwan dan insinyur di Ames Research Center (di kemudian hari menjadi bagian dari NASA) disibukkan dengan proyek bagaimana cara mengembalikan pesawat ulang alik dari luar angkasa menuju bumi kembali dengan aman. Hal tersebut mendapatkan perhatian yang besar karena ketika suatu objek memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan luar biasa (sekitar 27360 Km/jam) maka akan timbul panas yang sangat besar akibat gesekan yang terjadi. Setiap material yang ada di muka bumi akan leleh pada temperatur tersebut !!

Dua ilmuwan yang dilibatkan pada proyek tersebut adalah Dean Chapman dan Harvey Allen. Mereka terinspirasi dari bentuk meteorit yang berhasil menembus atmosfer bumi dengan profil blunt shape pada bagian nose-nya.

Sebuah uji coba dilakukan di Universitas Manchester dengan menggunakan 2 buah model skala pesawat ulang alik. Salah satu pesawat memiliki profil nose point shape dan yang lainnya memiliki profil round/blunt shape. Uji coba dilakukan di sebuah hypersonic[1] wind tunnel dengan kecepatan udara mencapai 5955 Km/jam atau 4,8 Mach !!

hypersonic wind tunnel

Space shuttle model with point shape nose

Space shuttle model with blunt shape nose

Udara di sekitar point shape nose mengalami tekanan yang sangat besar karena perlambatan lokal yang terjadi sehingga menimbulkan superheated shockwave. Aliran superheated shockwave tersebut mengenai bagian sayap sehingga bagian sayap menderita gesekan yang sangat hebat dan menimbulkan temperatur yang sangat tinggi hingga ribuan derajat celcius. Hal tersebut tentu berbahaya bagi keselamatan penerbangan.

Superheated shockwave mengenai sayap pesawat

Dengan blunt shape nose, superheated shockwave yang terjadi tidak mengarah ke bagian sayap pesawat sehingga bagian sayap tersebut tidak menderita gesekan hebat yang dapat menghasilkan temperatur  sangat ekstrem (dapat direduksi hingga 1650 derajat celcius).

Superheated shockwave tidak mengenai sayap pesawat

Sumber :

–          http://almostrocketscience.com/blog/2012/4/4/looking-in-the-strangest-places.html

–          Richard Hammond’s Engineering Connections (Space Shuttle Edition)

–          http://science.howstuffworks.com/space-shuttle7.htm

 

 

Ayo teman - teman. Monggo dikeluarkan unek2nya !

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: